Senin, 03 Juni 2013

Tugas TI Resume Materi Excel Pak Eri

Penggunaan Fungsi Khusus (Vlookup, Hlookup, Left, Mid, & Right)


A. Penggunaan Fungsi Vlookup
Suatu fungsi yang berfungsi untuk mencari atau melihat sebuah data (look) dari suatu tabel (tabel referensi) secara vertikal. Kelebihan menggunakan fungsi vlookup adalah jika kita mengubah nilai pada tabel referensi maka kita tidak perlu mengubah nilai pada tabel kerja, karena otomatis akan berubah sendiri mengacu pada tabel referensinya. Hal ini sangat efektif jika kita mempunyai banyak baris (lebih dari puluhan baris).

Rumus:   

 



Keterangan:
lookup_value = nilai, teks, atau kode sebagai dasar untuk pembacaan tabel
table_array = merupakan tabel referensi
column_index_number = nomer kolom pada tabel referensi yang berisi nilai yang kita inginkan berdasarkan hasil pencocokan.

Prosedur penggunaan fungsi vlookup jika tabel referensi dan tabel kerja dalam sheet yang sama:
1. Membuat tabel referensi 
2. Membuat tabel kerja
3. Masukkan rumus vlookup

Contoh:
Pada tabel kerja, kita dapat mengisi kolom nama generik dan nama kimia dengan mengacu pada tabel referensi. Caranya :



Rumus yang digunakan :
a. pada sel C3
 ketik: =VLOOKUP(B3,$F$7:$H$9,2)
B3= letak sel kode yang akan dicari (lookup value)
$F$7:$H$9= merupakan lokasi atau daerah sel (tabel referensi) dari kode tersebut (Table array). Tanda $ merupakan pengunci sel agar saat rumus di copy sel tidak bergeser. (tanda $ bisa juga menggunakan tombol F4)
2= merupakan nomer kolom (pada tabel referensi) yang akan ditampilkan (column index number), kolom 2 merupakan kolom nama generik.
Copy rumus C3 sampai C7 (atau sesuai kebutuhan datanya)
b. pada sel D3



ketik: =VLOOKUP(B3,$F$7:$H$9,3)
keterangan sama, hanya mengganti angka 3 = merupakan nomer kolom (pada tabel referensi) yang akan ditampilkan (column index number), kolom 3 merupakan kolom nama kimia
Copy rumus D3 sampai D7 (atau sesuai kebutuhan datanya)


B. Fungsi Hlookup

Suatu fungsi yang berfungsi untuk mencari atau melihat sebuah data (look) dari suatu tabel (tabel referensi) secara horizontal. Kelebihan hlookup sama dengan vlookup

Rumus : 



Keterangan:
lookup_value = nilai, teks, atau kode sebagai dasar untuk pembacaan tabel
table_array = merupakan tabel referensi
row_index_number = nomer baris pada tabel referensi yang berisi nilai yang kita inginkan berdasarkan hasil pencocokan
Prosedur penggunaan fungsi hlookup jika tabel referensi dan tabel kerja dalam sheet yang sama:
1. Membuat tabel referensi 
2. Membuat tabel kerja
3. Masukkan rumus hlookup
Contoh :
Pada tabel kerja, kita dapat mengisi kolom pembelian dan penjualan obat dengan mengacu pada tabel referensi. Caranya :





Rumus yang digunakan:
a. pada sel C3
ketik : =HLOOKUP(B3,$G$7:$M$9,2)
B3= letak sel kode yang akan dicari (lookup value)
$G$7:$M$9= merupakan lokasi atau daerah sel (tabel referensi) dari kode tersebut (Table array). Tanda $ merupakan pengunci sel agar saat rumus di copy sel tidak bergeser. (tanda $ bisa juga menggunakan tombol F4)
2= merupakan nomer baris (pada tabel referensi) yang akan ditampilkan (row index number), baris 2 merupakan baris pembelian
Copy rumus C3 sampai C9 (atau sesuai kebutuhan datanya)
b. padas sel D3



ketik: =HLOOKUP(B3,$G$7:$M$9,3)
keterangan sama, hanya mengganti angka 3 = merupakan nomer baris (pada tabel referensi) yang akan ditampilkan (row index number), baris 3 merupakan baris penjualan
Copy rumus D3 sampai D9 (atau sesuai kebutuhan datanya)



B. Penggunaan Fungsi Left, Mid, dan Right
1. Fungsi Left
Suatu fungsi yang digunakan untuk mengambil satu atau lebih karakter yang dimulai dari kiri (left)

 
Rumus 

Contoh 1 : dari kata “antibiotik” dapat diambil kata “anti”, caranya dengan menggunakan rumus: =LEFT(“antibiotik”,4) tekan enter maka akan muncul kata “anti’
Contoh 2 : dari data kamar pasien RS. Sehat Sejahtera, dapat diketahui jenis kamar yang digunakan dengan mengambil beberapa karakter pada kolom kode kamar.



Keterangan :
LEFT= merupakan suatu fungsi dengan pengambilan beberapa karakter yang dimulai dari kiri
B4= cell yang akan diambil karakternya
4= jumlah karakter yang diambil (dimulai dari kiri)
2. Fungsi Mid

Suatu fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter yang berada di tengah (mid)

Rumus


Contoh 1:
Dari kata “Streptokokus” dapat diambil kata “toko” caranya menggunakan rumus =MID(“streptokokus”,6,4) tekan enter maka akan muncul kata “toko”
keterangan:



Contoh 2 : dari kolom kode kamar dapat digunakan untuk mengisi data pada kolom jumlah kamar.




3. Fungsi Right

Suatu fungsi yang digunakan untuk mengambil satu atau lebih karakter yang dimulai dari kanan (right)

Rumus

Contoh 1:
Dari kata “limbah” dapat diambil kata “mbah” caranya menggunakan rumus =RIGHT(“limbah”,4) tekan enter maka akan muncul kata “mbah”

Contoh 2: dari kolom kode kamar dapat digunakan untuk mengisi data pada kolom nama kamar




Keterangan :
RIGHT= merupakan suatu fungsi dengan pengambilan beberapa karakter yang dimulai dari kanan
B4= cell yang akan diambil karakternya
3= jumlah karakter yang diambil (dimulai dari kanan)



Sekian, materi resume tentang materi excel khususnya Vlookup, hlookup, left, mid & right.
Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar